Komunitas Tangan Terampil Beri Pelatihan Sulam Pita di Kelurahan Miroto

KOMUNITAS Tangan Terampil bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang sukses menyelenggarakan pelatihan keterampilan sulam pita bagi ibu rumah tangga di Kelurahan Miroto.

Pelatihan diadakan pada Rabu-Kamis (15-16/3) di Balai Pertemuan Kelurahan Miroto, Jalan Seteran Utara, Kota Semarang.

Tak kurang dari 30 srikandi rumah tangga berpartisipasi dalam pelatihan ini. Mereka tampak antusias menyerap materi yang dibagikan oleh Veronica Ibnu, pengusaha kerajinan sulam pita ‘Lupita’ sekaligus anggota Komunitas Tangan Terampil.

Setelah mendapat penjelasan tentang teknik dasar sulam pita, para peserta ditantang mempraktekkan materi yang telah diterima di atas selembar kain yang telah digambar pola.

Meski hanya mendapat pelatihan singkat namun hasil karya para peserta cukup memuaskan. Veronica Ibnu mengaku senang pada hasil sulaman para ibu di Kelurahan Miroto.

“Baru latihan sebentar, ibu-ibu di Kelurahan Miroto sudah menguasai teknik dasar menyulam pita. Hasilnya juga bagus dan rapi,” katanya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Perempuan Sektor Ekonomi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, AM Helmi mengatakan kegiatan ini merupakan langkah awal dari pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, khususnya para perempuan rumah tangga.

Diselenggarakannya pelatihan ini diharapkan akan memantik semangat ibu rumah tangga untuk menghasilkan karya seni yang berdaya jual dan bernilai ekonomis tinggi.

Dengan harapan yang sama, pihaknya nantinya juga akan menggelar sejumlah pelatihan di kelurahan lainnya. “Dalam waktu dekat kami akan mengadakan pelatihan merangkai baki lamaran di Kelurahan Tegalsari,” ujarnya.

Helmi juga berharap peran serta masyarakat dalam menginisiasi pelatihan yang dirasa sesuai untuk lingkungannya. Sebab masyarakat dianggap lebih memahami potensi wilayahnya.

“Tidak perlu menunggu pelatihan dari kami, langsung saja ajukan proposal bantuan pelatihan. Akan kami fasilitasi,” katanya. [LAU]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *