Memulai Bisnis dari Hobi

Banyak wanita yang ingin mengembangkan dirinya dengan berbisnis, namun bingung saat hendak memulai. Tak sedikit pula wanita yang ingin memulai usaha namun tak tahu usaha apa yang akan dipilih.

Permasalahan ini diangkat dalam workshop entrepreneurship “Perempuan Hebat, Semarang Hebat” yang diinisiasi Komunitas Tangan Terampil bersama Kadin Kota Semarang dan Omah Herborist Semarang, Rabu (19/4) di Lounge Room Omah Herborist, Kawasan Industri Gatot Subroto, Ngaliyan, Semarang.

Pembicara utama dalam acara ini, Esti Widsyandari mengatakan, menjadi ibu rumah tangga bukan berarti gerak seorang wanita menjadi terbatas. Bahkan, dengan kesibukan barunya mengelola rumah tangga, ibu rumah tangga bisa tetap melakukan passion-nya sekaligus menjalankan bisnis di manapun.

“Para wanita khususnya ibu rumah tangga sudah diberi anugerah oleh Tuhan untuk menjadi orang yang multitasking, bisa menjalankan bisnis namun tidak melupakan urusan rumah tangganya,” kata Esti.

Salah satu cara termudah memulai bisnis adalah dengan mengerjakan hobi. Meski demikian, ibu rumah tangga harus bisa membedakan antara passion dan hobi. Sebab, menurut Esti, tidak semua hobi dapat dibisniskan.

“Pilihlah satu hobi yang menurut Anda berpeluang mendatangkan rupiah, lalu fokuslah pada hobi itu. Survey penerimaan pasar. Kalau kiranya pasarnya bagus, berarti hobi tersebut layak dibisniskan. Tapi kalau tidak, maka sebaiknya jangan diteruskan,” kata Esti.

Esti juga mewanti-wanti para peserta untuk membatasi fokus hanya pada dua usaha. “Kalau lebih dari dua usaha, kemungkinan malah keteteran semua dan hasilnya tidak maksimal. Apalagi ibu rumah tangga banyak juga yang diurusi. Sebaiknya batasi hanya dua bisnis saja.”

Selain menekuni hobi, para ibu rumah tangga juga dapat memanfaatkan kebutuhan para wanita akan produk kecantikan dan perawatan tubuh. Misalnya berjualan produk perawatan tubuh maupun membuka salon dan spa. “Selama masih ada wanita di muka bumi, bisa dipastikan produk kecantikan dan perawatan tubuh akan menjadi bisnis yang menguntungkan. Apalagi sekarang pengguna produk perawatan tubuh bukan hanya perempuan tapi juga laki-laki. Bisnis di bidang ini bisa sangat menguntungkan,” kata Supervisor Omah Herborist Semarang, Widi.

Widi mengatakan, Omah Herborist terbuka untuk memfasilitasi para ibu rumah tangga yang ingin membuka toko kosmetik maupun salon dan spa. “Silakan datang ke sini dan nanti akan kami bantu menyuplai kebutuhan toko maupun salon dan spa Anda,” kata Widi.

Seusai workshop, para peserta diajak mengikuti plant visit dan melihat proses produksi produk Herborist. Para peserta juga diajak berkeliling di museum mini dan berbelanja di counter Herborist. [LAU]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *